Jakarta dan Palembang bersiap menjadi Tuan Rumah Asian Games 2018

asiangames

Selatpanjang, INFOPUSAT – Dalam Event Asean Games 2018, Indonesia menjadi tuan rumah untuk kedua kalinya. Sejak penyelenggaraan Asian Games 1962 dan setelah dewan Eksekutif Olympic Council of Asia menyetujui Indonesia sebagai tuan rumah Asian games XVIII pada tanggal 19 september 2014, Acara akan berlangsung di Jakarta dan Palembang pada tanggal 18 Agustus – 02 September 2018.

Logo resmi Asian Games 2018 bertemakan “Energy of Asia” mencerminkan keberagaman Indonesia dengan tiga binatang, masing-masing dari berbagai daerah di Indonesia. Bhin Bhin mewakili Cendrawasih burung surga, mengenakan rompi dengan motif tradisional Asmat dari Papua, Kawasan Timur Indonesia, yang melambangkan strategi. Atung mewakili Rusa bawean, mengenakan sarung batik parang dari Indonesia Bagian Tengah, yang melambangkan kecepatan dan “Jangan pernah menyerah dalam pertempuran”. Kaka merupakan badak jawa bercula satu, mengenakan motif bunga dari Songket Palembang yang mewakili Indonesia bagian barat, yang melambangkan kekuatan, Bersama-sama, nama mereka; Bhin Bhin – Atung – Kaka, suku kata dikombinasikan menciptakan Bhinneka Tunggal Ika (Unity in Diversity), motto nasional Indonesia.

Dalam perhelatan olahraga terbesar negara-negara di kawasan Asia ini, Indonesia mencanangkan 4 Sukses yang meliputi 1. Sukses Penyelenggaraan, 2. Sukses Prestasi, 3. Sukses Administrasi dan 4. Sukses Ekonomi. Adapun 4 kesuksesan itulah yang diterjemahkan dalam pembagian kerja dan tanggungjawab pada setiap bagian yang ada dalam kepanitiaan Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC) 2018.

Sesuai dengan amanat Presiden dalam Rapat Terbatas di Kantor Presiden, awal Maret 2017 lalu, Asian Games harus mampu membangun citra yang baik dari Indonesia di dunia Internasional. “Perhelatan besar ini harus dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan bangsa dan negara. Ini juga sekaligus momentum untuk menunjukkan kemampuan kita dalam penyelenggaraan event kelas dunia,” ujar Presiden Jokowi saat itu.

Logo Asian Games 2018 dapat diunduh melalui www.kemenpora.go.id/Asian-Games2018/Logo.pdf

(MC Meranti /sf/ip)

Bagikan Ke Yang Lain ...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply